PENDUDUK DAN LAHAN

Penduduk & Lahan

Dari total penduduk 4.505 yang terdiri dari 1.108 KK sebagian besar mata pencahariannya adalah petani dan buruh tani sebesar 2.481 orang. Sedangkan yang berprofesi sebagai pedagang adalah 45 orang, PNS/TNI/Polri hanya 4 orang. Karena di desa Logandu terdapat lahan Perhutani seluas 115 ha maka ada beberapa petani yang juga bekerja sebagai penyadap getah pinus terutama petani yang rumahnya di sekitar lahan Perhutani. Namun keberadaan Perhutani dengan tanaman Pinusnya mengurangi keberadaan air dan mata air di desa ini menurut beberapa tokoh
Lahan penduduk Desa Logandu lebih banyak di lereng bukit yang cukup terjal (5- 15%)masyarakat dan sesepuh desa. Mata air di Logandu terdapat di dusun Segigil, Kuripan dan Kalilkukap yang terbesar. Penggunaan mata air untuk konsumsi rumah tangga, sudah ada bantuan pemasangan pralon/slang dari PLAN.
Di Desa Logandu terdapat 3 (tiga) Sekolah Dasar Negeri dan 2 (dua) Taman Kanak-kanak. Untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP lebih memilih di MTS (Madrasah Tsanawiyah) Kepadangan di desa Clapar. Pendidikan pada jenjang SLTA (SMA/SMK) hanya terdapat di Karanganyar atau Kebumen. Tapi untuk SMP Negeri di kota kecamatan Karanggayam sudah terdapat 2 SMP Negeri.
Sumur yang dibuat petani untuk mengatasi kesulitan air di sawah pada musim kemarauSulitnya transportasi karena jalan yang cukup parah rusaknya, memaksa anak yang akan melanjutkan ke SLTA untuk kost/mondok di Karanganyar atau Kebumen. Apalagi jarak yang cukup jauh bila harus ditempuh bila harus pulang-pergi sekolah ke rumah. Namun demikian, antusias penduduk untuk menyekolahkan putra-putrinya cukup bagus. Walaupun hanya sampai jenjang SLTP. Karenanya banyak penduduk usia produktif yang mencari penghidupan di kota besar seperti Jakarta dan Bandung sebagai buruh pabrik atau pembantu rumah tangga.
Aliran sungai Kali Gebang yang mulai mengalami pendangkalanDari luas desa sekitar 726,415 ha di luar lahan Perhutani, sebesar ± 62% merupakan lahan pertanian dan perkebunan. Pertanian di desa Logandu berupa sawah tadah hujan, maka bilamana musim kemarau tanaman padi tidak dapat optimal. Selain padi, petani di Logandu banyak pula menanam tembakau yang distribusinya hingga wilayah Majenang di kabupaten Cilacap. Palawija yang ditaman di Logandu diantaranya adalah Kencur, Singkong, Tembakau, Jagung, dan Kacang tanah. Untuk tanaman kacang tanah biasanya dijual ke pembeli yang mendatangi langsung ke petani atau dijual di pasar. Ada makanan dari bahan baku Singkong yang cukup dikenal ke beberapa desa/kecamatan lainnya yakni “Inthil” karena bagus dan enak. “Inthil” adalah makanan pengganti nasi yang nikmat bila dimakan dengan sayuran pedas atau dicampur dengan parutan kelapa.Di Logandu pernah ada fasilitasi dari Plan untuk peralatan dan pembuatan kripik dari ubi jalar. Namun tidak dapat diteruskan karena produknya tidak dapat diterima (mutu kurang baik) oleh pabrik yang menampungnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: